Selasa, 21 April 2009

Tips and Trik pencaria mbah google

              GOOGLE.COM, adalah mesin pencari di internet. Situs ini sering disebut
mbah Google, Google ini banyak membantu saya baik dalam susah atau pun senang dalam mencari suatu informasi yang saya butuhkan.
          jika Anda ingin mencari informasi di internet saya sarankan  tanya saja kepada mbahnya internet { mbah google } perlu Anda ketahui bahwa ada tips-tips untuk dapat membantu mengoptimalkan pencarian Anda dalam bertanya kepada mbahnya.. hehehe
 Yang jelas silakan ketikkan kata kunci informasi yang ingin dicari, Google akan menyuguhkan informasi yang terkait dengan pencarian dalam waktu singkat. Untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

TIPS DASAR

1. Bubuhi tanda kutip (”…”),
    jika Anda ingin mencari informasi yang tepat sasaran. Tanda kutip  akan menghasilkan                 halaman-halaman web yang lebih tepat sasaran dan berhubungan erat  dengan informasi yang     Anda cari. Dengan membubuhkan tanda kutip di awal dan akhir kumpulan kata, maka Google     akan menyuguhkan hasil pencarian yang sama persis dengan  yang Anda ketikkan.

2. Pakai tanda “~” untuk mencari sinonim kata.
    Coba amati bagian ujung kiri atas keyboard Anda. Disana Anda akan menemukan tanda ~             bukan? Mungkin beberapa dari Anda ada yang tidak tahu fungsi karakter ini. Tanda ini                 ternyata sangat berguna dalam melakukan pencarian di Google. Coba ketikkan karakter ini di     depan sebuah kata (tanpa spasi). Dengan begitu Google akan mencari halaman berisi kata             yang dimaksud tadi atau sinonimnya.

3. Klik “Images” jika Anda ingin mencari gambar.
    Mau mencari foto artis idola Anda? Klik saja tombol “Images” yang terletak diatas kotak               pencarian, lalu ketikkan nama artis atau tokoh yang Anda inginkan. Google akan mencarikan      foto atau gambar tersebut di database-nya lengkap dengan link halaman tempat gambar               tersebut muncul.

4. Ketikkan kata yang lebih panjang agar hasil pencarian lebih relevan.
     Ada baiknya jika Anda mengetikkan kata yang lebih panjang di kotak pencarian Google agar        hasil pencariannya lebih baik.

5. Google bisa menjadi kamus dan menterjemahkan bahasa.
    Ingin mencari definisi sebuah kata? Google bisa berfungsi sebagai kamus. Cukup tambahkan         kata define diikuti kata yang ingin Anda cari, maka Google akan memberikan definisi yang            Anda ingin cari dalam waktu singkat. Selain itu, Google juga bisa menjadi penterjemah bahasa.       Perhatikan link “Languange Tools” yang ada di sebelah kanan kotak pencarian di homepage
   Google. Klik link tersebut, Anda akan diantarkan ke layanan penerjemahan Google. Ada                banyak bahasa yang tersedia disana.

6. Ada banyak informasi yang tersedia dari buku-buku aktual di dunia.
    Ibaratnya sebuah rak yang berisi buku-buku, Google juga punya ‘rak’ buku online. Coba buka    alamat www.books.google.com, disana Anda bisa melihat atau membaca beragam teks dari            buku-buku aktual di seluruh dunia. Hanya saja, yang dapat Anda buka atau baca adalah yang      karyanya tidak dilindungi hak cipta.

7. Kalkulator dan buku telepon online.
   Google bisa juga dipakai sebagai kalkulator. Cukup ketikkan angka yang ingin Anda olah di            kotak pencarian, Google akan mengolahnya seperti layaknya kalkulator yang biasa kita pakai.      Misalnya 145+869, 125*45, 10% of 100 dan sebagainya. Selain kalkulator, Google juga bisa          dimanfaatkan sebagai buku telepon. Cukup ketik nama seseorang yang Anda cari, nama kota,      propinsi atau nama negaranya di kotak pencarian, Google akan menyuguhkan informasi yang     Anda cari itu.

8. Apa fungsi tombol I’m Feeling Lucky?
    Tombol I’m Feeling Lucky yang ada di homepage Google mungkin akan sangat berguna bagi         Anda yang tak ingin buang waktu membaca hasil pencarian yang dikeluarkan Google satu             persatu. Masukkan kata yang Anda cari, lalu klik tombol ini, maka Google akan memotong            daftar hasil pencarian yang panjang tadi. Anda akan diantarkan langsung ke halaman web             yang paling sesuai. Misalnya, Indonesia University, klik tombol I’m Feeling Lucky maka Anda    akan  diantarkan langsung ke situs UI. Ada banyak lagi yang bisa Anda telusuri melalui mesin      cari Google. Semisal informasi berita-berita terbaru melalui link “News”, video, layanan peta,      cuaca, harga saham dan lain sebagainya.
TIPS ADVANCED

1. Menggunakan tanda “+” dan tanda kutip.
    Fungsi ini digunakan untuk pencarian yang lebih spesifik dengan menggunakan dua suku kata      misal : universitas+Indonesia dan “universitas Indonesia”.

2. Filetype
    Fungsi ini digunakan untuk pencarian file. Misalnya: anda ingin mencari file di internet yang         ada hubungannya dengan kesehatan lingkungan, maka anda tinggal mengetikan kesehatan           lingkungan filetype:pdf. Catatan : jika anda ingin mencari dalam file word maka anda bisa              mengganti filetype:pdf dengan filetype:doc.

3. Site
     Fungsi ini digunakan untuk mencari situs yang ada hubungannya dengan apa yang kita ketik        misalnya kita ingin mengetahui situs yang ada hubungannya dengan situs UGM maka dapat        diketik site:UGM.ac.id
    Contoh:
    site:torry.net “xp style” –> mencari dengan keyword “xp style” pada situs www.torry.net.

4. Inurl:
     Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang digolongkan dan sebagai url.
    Dengan option ini Anda dapat melakukan pencarian pada pencarian folder tertentu
    (jika dikombinasikan dengan option “index of”).
    Contoh:
    inurl:admin -> pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata “admin”

6. intitle:
    Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.

7. link:
    Option ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu.
    Contoh:
     link:Ripway.com –> mencari situs yang mempunyai link ke www.roniwahyu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar